Berita > Berita

Menanti Kejutan Siti Fadia/Ribka Terulang Di Semifinal

Sabtu, 07 September 2019 08:24:46
1615 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Indonesia berhasil meloloskan empat wakilnya ke babak semifinal Yonex Chinese Taipei Open 2019, Sabtu (7/9). Sayangnya, ganda putra dan tunggal putri tak berhasil mengantongi tiket semifinal, sementara ganda putri sukses mengamankan dua tiket semifinal.

Ganda putra yang biasa menjadi andalan Indonesia, kali ini harus absen usai tersingkirnya pasangan Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto.

Duet Fajar/Rian yang menjadi asa di sektor ganda putra tak berhasil mengamankan tiket semifinal setelah dikalahkan ganda Denmark, Mathias Boe/ Mads Conrad Petersen, Jumat (6/9) di Taipei Arena, Taiwan. Fajar/Rian yang menempati unggulan satu ini kalah dari duet Boe/Petersen, pemilik peringkat 79 dunia, setelah melakoni laga tiga game selama 1 jam 6 menit dengan skor 16-21, 21-19 dan 17-21.

Kekalahan kali ini tentunya makin menyulitkan langkah mereka untuk meraih tiket Olimpiade Tokyo 2020. Fajar/Rian yang kini berada di peringkat 7 dunia harus bersaing dengan kompatriotnya Marcus Fernaldi Gideon/ Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Hendra Setiawan/ Mohammad Ahsan yang berada di peringkat 1 dan 2.

Dua tiket semifinal sektor ganda putri diamankan oleh Greysia Polii/ Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/ Ribka Sugiarto.

Langkah Greysia/Apriyani menapak babak empat besar setelah menumbangkan ganda Jepang, Ayako Sakuramoto/ Yukiko Takahata dalam laga berdurasi 43 menit. Pasangan unggulan satu ini menang dua game langsung 21-14 dan 21-16.

Dengan kemenangan ini, Greysia/Apriyani semakin memastikan keunggulan head to head-nya atas pasangan Jepang tersebut, 3-0. Pertemuan terakhir mereka terjadi pada Blibli Indonesia Open 2019, Greysia/Apriyani menang 21-15 dan 21-16.

“Kami sudah pernah berhadapan sebelumnya, jadi sudah mempelajari pola permainan mereka. Kuncinya lebih tenang, fokus poin per poin. Mau kami lebih unggul pun nggak boleh sampai lengah,” kata Apriyani, mengutip dari laman resmi PBSI.

Pada babak semifinal hari ini, Greysia/Apriyani akan berhadapan dengan ganda putri Thailand, Jongkolphan Kititharakul/ Rawinda Prajongjai. Di atas kertas, Greysia/Apriyani lebih diunggulkan menang dengan rangking lima dunia, sementara lawannya di posisi sebelas dunia.

Dalam rekor pertemuannya sejauh ini pun, Greysia/ Apriyani unggul 4-0 dari Kititharakul/Prajongjai.

“Persiapannya lebih ke diri masing-masing dulu. Nggak mau mikir banyak soal permainan. Karena itu akan keluar sendiri di lapangan, mau main seperti apa. Pokoknya siap capek dan konsentrasi lawan siapa pun,” ujar Apriyani.

Sementara duet Siti Fadia/Ribka akan bertemu pasangan Korea Selatan, Kim So Yeong/ Kong Hee Yong yang merupakan unggulan tiga. Ini merupakan laga perdana bagi kedua pasangan.

Harapannya, Siti Fadia/Ribka kembali bisa membuat kejutan seperti di babak perempat final turnamen seri HSBC BWF World Tour Super 300 berhadiah total USD 500,000 kemarin dengan menumbangkan ganda Negeri Ginseng lainnya, Lee So Hee/ Shin Seung Chan. Duet Lee/Shin merupakan pasangan peringkat 6 dunia yang menjadi unggulan dua.

Ganda putri Indonesia pemilik peringkat 151 dunia ini menang atas Lee/Shin usai laga tiga game dengan skor 21-19, 13-21 dan 21-17, dalam waktu 59 menit.

Seperti Siti Fadia/Ribka, andalan tunggal putra Indonesia Shesar Hiren Rhustavito masih bisa menjaga asa dengan mengantongi tiket babak empat besar. Vito akan menghadapi andalan tuan rumah, Chou Tien Chen yang merupakan unggulan dua.

Bagi Vito, pertemuan menghadapi Chou pebulutangkis peringkat dua dunia ini akan menjadi laga perdananya. Sebelumnya di perempat final, Vito menyingkirkan pebulutangkis Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk dengan rubber game 26-24, 18-21 dan 21-11.

Ganda campuran hanya berhasil meloloskan Hafiz Faisal/ Gloria Emanuelle Widjaja ke semifinal, setelah Rinov Rivaldy/ Pitha Haningtyas Mentari dan Tontowi Ahmad/ Winny Oktavina Kandow, menuai kekalahan. Rinov/Pitha kalah dari pasangan Malaysia unggulan satu, Chan Peng Soon/ Goh Liu Ying dengan skor 21-14, 18-21 dan 21-18. Sedangkan Tontowi/Winny harus mengakui keunggulan duet Hong Kong unggulan empat, Tang Chun Man/Tse Ying Suet dengan skor 13-21, 21-17 dan 10-21.

Pasangan Korea Selatan, Seo Seung Jae/ Chae Yujung, yang merupakan unggulan dua akan menjadi lawan Hafiz/Gloria hari ini di semifinal. Bagi Hafiz/Gloria yang merupakan unggulan tiga, pertemuan hari ini merupakan kesempatan untuk membalas satu kekalahan sebelumnya pada ajang German Open 2019. Kala itu mereka kalah dari Seo/Chae dengan skor 17-21 dan 11-21.

Tunggal putri tak berhasil mengamankan tiket semifinal setelah Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung yang menjadi harapan menuai kekalahan. Fitriani kalah dari wakil Thailand, Supanida Katethong dengan skor 13-21 dan 19-21. Sedangkan Gregoria kalah dari andalan Korea Selatan unggulan empat, Sung Ji Huun usai laga tiga game 21-7, 13-21 dan 19-21. (*)

Berita Berita Lainnya