Berita > Berita

Ucap Selamat KBRI Moskow Kepada Skuad Muda Merah Putih

Selasa, 08 Oktober 2019 10:23:54
5899 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Sukacita juga melanda warga Indonesia yang berada di Rusia, khususnya di Moskow dan Kazan. Sesaat mendengar kabar tim muda Indonesia berjaya naik ke podium juara merebut Piala Suhandinata, usai menaklukkan China 3-1 di laga final. Duta Besar RI untuk Rusia merangkap Belarus, M. Wahid Supriyadi pun langsung menelpon Susy Susanti, Ketua Rombongan untuk menyampaikan ucapan selamat.

Di tengah kesibukan sehari-sehari, sebuah kehormatan bagi KBRI menerima kedatangan skuat muda Indonesia yang akan berlaga pada ajang BWF World Junior Championships 2019 di Kazan, Rusia, membela nama bangsa.

Kedatangan tim muda Indonesia ada dua rombongan. Rombongan pertama, tim yang berlaga di nomor beregu (30 September - 5 Oktober) dipimpin oleh Susy Susanti, tiba di Bandara Domodedovo, Moskow, Rusia, pada Kamis (26 September) setelah menempuh penerbangan lebih dari 20 jam. Kedatangan tim disambut oleh Enjay Diana, Sekretaris I-Fungsi Pensosbud KBRI Moskow (Pejabat KBRI). Transit di Moskow sekitar 3 jam, rombongan melanjutkam penerbangan ke Kazan, Rusia.

Rombongan kedua dipimpin oleh Alan Budikusuma yang berisikan skuat muda Indonesia yang akan berlaga di ajang BWF World Junior Championships 2019 nomor perorangan (7-13 Oktober) di Bandara Domodedovo, Moskow, pada Rabu, 2 Oktober 2019. Rombongan disambut oleh Wakil Duta Besar RI Moskow, Azis Nurwahyudi. Transit sekitar 3 jam, lanjut penerbangan ke Kazan, Rusia

Kazan berada sekitar 900 km di sebelah timur kota Moskow, bisa ditempuh lewat jalan darat. Selain itu bisa juga ditempuh dengan transportasi kereta sekitar 12 jam, atau dengan pesawat selama 1 jam 35 menit. Kazan adalah ibu kota Republik Tatarstan, salah satu wilayah bagian dari Federasi Rusia dengan mayoritas penduduknya muslim, dan dikenal sebagai Kota Santri.

Di Kazan banyak agama berkembang. Ini terlihat dari banyaknya mesjid dan gereja dibangun yang sudah berdiri sejak lama.

Sebagai kota dengan mayoritas berpenduduk muslim, kota Kazan terpilih sebagai tuan rumah ajang akbar ''Rusia - Islamic World Kazan Summit 2019'' pada tanggal 24 hingga 26 April 2019 lalu. Event ini menandakan Rusia sudah tidak menjadi negara komunis. Rusia menjadi negara yang mencintai keberagaman agama.

Banyak terdapat mesjid di Kazan dengan populasi penduduk sebesar 3.779.265 jiwa. Mesjid Galevskaya, yang dibangun pada tahun 1798-1801, merupakan mesjid yang terbesar.

Dalam obrol-obrol dengan Dasep Mulyadi, staf KBRI di Moskow, lebih jauh ia bercerita bahwa Kazan salah satu kota di Rusia yang sudah sering menyelenggarakan event internasional, seperti belum lama ini ada event World Skill International 2019 dimana pesertanya ada dari Indinesia. Selain itu ada event Universiade,.BWF European Championship, Forum APEC, G20, Internasional Kazan SUmmit, dan event lainnya.

Tak hanya sebagai staf KBRI di Moskow, Dasep Mulyadi yang juga pehobi olahraga bulutangkis ini merupakan komunitas MBI yang ada di Rusia.

''Sebagai perwakilan dari KBRI Moskow kita turut mendukung timnas Junior saat final melawan Tiongkok, sekaligus menggerakkan teman-teman mahasiswa Indonesia yang ada di Kazan untuk mendukung timnas junior,'' ujar Dasep, yang pernah membawa Komunitas Bulutangkis Rusia berwisata ke Indonesia beberapa tahun silam.

''Sejak dari awal teman-teman mahasiswa Indonesia yang ada di Kazan tidak melewatkan kesempatan untuk mendukung timnas junior,'' tambah Dasep.

Perjalanan Dasep ke Kazan dari Moskow menggunakan kereta api.

''Kemarin itu berangkat dan pulang naik kereta semaleman, tidur di kereta
berangkat jam 5 sore, nyampe jam 5 pagi,'' cerita Dasep saat memberi dukungan skuat muda Indonesia berlaga di partai final.

Ia pun merencanakan akan kembali memberikan dukungan bersama pelajar dan mahasiswa Indonesia di Kazan kepada tim Merah Putih mulai babak perempat final hingga babak final nomor perorangan.

''Mudah-mudahan adik-adik kita tembus sampai final,'' ujar Dasep kepada Bulutangkis.com. (*)

Berita Berita Lainnya