Berita > Berita

Fitriani Tak Terpilih, Putri Masuk Tim Inti

Sabtu, 25 Januari 2020 14:31:45
5736 klik
Oleh : admin_2
Kirim ke teman   Versi Cetak

  • Putri Kusuma Wardani

  • Fitriani

Nama Fitriani tak masuk dalam tim inti putri Indonesia pada ajang Badminton Asia Team Championships 2020 (BATC). Kejuaraan beregu putra dan putri se-Asia ini akan dihelat di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, pada 11-16 Februari 2020.

Dari rilis yang dikeluarkan PBSI hari ini (Sabtu, 25/1), ada sepuluh atlet putra dan sepuluh atlet putri yang terpilih masuk tim inti yang akan mewakili Indonesia dalam ajang BATC.

Fitriani yang merupakan tunggal putri terbaik kedua Indonesia berdasarkan peringkat Badminton World Federation (BWF) terakhir (Selasa, 21 Januari), tidak dipilih PBSI karena dinilai rasa percaya dirinya yang tengah drop. Peringkat terbaik tunggal putri Indonesia dimiliki Gregoria pada peringkat 24 dunia, disusul Fitriani di peringkat 32 dunia.

Sebagai pengganti Fitriani, PBSI memilih pemain muda Putri Kusuma Wardani masuk dalam tim inti. Putri, atlet besutan PB Exist Jakarta ini merupakan pemain junior kelahiran 20 Juli 2002, yang kini masih berada di peringkat 273 dunia.

"Semua susunan terbaik, kecuali di tunggal putri tanpa Fitriani karena kepercayaan diri dia sedang drop, kalau kami paksa dan dia kalah lagi, dia bisa frustasi. Sekarang kalau latihan lagi ada pembenahan, sampai dia siap, semoga dia bisa lewati. Tim pelatih juga mau turunkan yang muda dulu untuk pengalaman," ungkap Susy Susanti, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, memberi alasan tidak terpilihnya Fitriani ke dalam tim inti.

Selain Gregoria dan Putri yang menjadi andalan Indonesia di sektor tunggal putri, dua nama lain yang masuk tim inti tunggal putri adalah Ruselli Hartawan dan Choirunnisa. Keduanya kini berada di peringkat 37 dan 77 dunia pada pekan ini.

Ajang Badminton Asia Team Championships 2020 (BATC) menggunakan format permainan Piala Thomas dan Piala Uber. Dalam dua penyelenggaraan terakhir, tim putra Indonesia berhasil merebut gelar juara. Di BATC 2016 yang berlangsung di Hyderabad, India, tim putra Indonesia naik ke podium juara, begitu pula dua tahun kemudian di Alor Setar, Malaysia.

Melihat komposisi pemain, tim putra Indonesia memang punya kans kuat untuk mempertahankan gelar juara. Sektor tunggal putra diperkuat Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, sedangkan sektor ganda putra ada pasangan rangking satu dan dua dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/ Mohammad Ahsan.

"Badminton Asia Team Championships ini adalah pemanasan sebelum Piala Thomas dan Uber. Kami menurunkan tim terbaik, untuk peluang, tim putra lebih besar peluangnya. Target di sini yang penting lolos dulu ke final Piala Thomas dan Uber, lalu memantapkan posisi peringkat unggulan tim," ujar Susy Susanti.

"Turnamen ini masuk poin race to olympic juga, makanya kami benar-benar perhatikan di sini. Kami maunya tampil maksimal di semua kejuaraan, namun ada skala prioritas, ini kan namanya strategi," ujar Susy. (*)

Berikut daftar tim inti di Badminton Asia Team Championships 2020 :
Tim Putra :
1. Anthony Sinisuka Ginting
2. Jonatan Christie
3. Shesar Hiren Rhustavito
4. Firman Abdul Kholik
5. Kevin Sanjaya Sukamuljo
6. Marcus Fernaldi Gideon
7. Hendra Setiawan
8. Mohammad Ahsan
9. Fajar Alfian
10. Muhammad Rian Ardianto

Tim Putri :
1. Gregoria Mariska Tunjung
2. Ruselli Hartawan
3. Choirunnisa
4. Putri Kusuma Wardani
5. Greysia Polii
6. Apriyani Rahayu
7. Ni Ketut Mahadewi Istarani
8. Tania Oktaviani Kusumah
9. Siti Fadia Silva Ramadhanti
10. Ribka Sugiarto

Berita Berita Lainnya