Berita > Berita

Wow, Greysia/Apriyani Juara!

Minggu, 17 Januari 2021 18:06:49
1578 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

  • Current
Pasangan ganda putri andalan Merah Putih, Greysia Polii/Apriyani Rahayu mempersembahkan gelar juara bagi Indonesia usai menaklukkan andalan tuan rumah, Jongkolphan Kititharakul/ Rawinda Prajongjai, pada laga final Yonex Thailand Open 2021 yang berlangsung hari ini (Minggu, 17/01) di Bangkok, Thailand.

Menariknya, kemenangan ini bagi Greysia/Apriyani yang menempati unggulan lima menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang meraih juara pada debut pertama setelah pandemi yang digelar di Impact Arena.

Pertarungan Greysia/Apriyani menghadapi andalan tuan rumah yang berada di posisi unggulan tujuh berlangsung seru. Kedua pasangan bertarung dengan gigih dan penuh semangat selama 52 menit dengan kemenangan Greysia/Apriyani dengan skor 21-15 dan 21-12.

Hal ini juga merupakan kemenangan pertama Indonesia di sektor ganda putri dalam kelas super 1000.

“Sungguh luar biasa bagi kami berdua dan kami ingin berterima kasih kepada Tuhan, bahwa kami memiliki kesempatan untuk berada di sini dan memenangkan kejuaraan ini. Kami datang dengan fokus, siap untuk pertandingan ini dan ingin memberikan yang terbaik," ungkap Greysia yang baru saja melangsungkan pernikahannya bulan lalu.

Game pertama, kedua pasangan saling menjajaki lawan. Greysia/Apriyani berinisatif menyerang sedikit-dikit duluan sedangkan lawan memilih bermain aman. Maka lebih banyak bermain reli biasa tanpa banyak tekanan.

Poin pun saling mengejar dan ditutup 11-9 saat jeda. Usai interval laga berlanjut masih seperti di awal, namun Greysia/Apriyani menaikkan tempo. Duo Greysia/Apriyani secara perlahan-lahan membuka pertahanan lawan hingga jebol. Greysia/Apriyani unggul 17-10.

Tertinggal poin, duet Jokolphan/ Rawinda mulai menyerang dan berhasil meraih beberapa poin. Tetapi Greysia/Apriyani bermain lebih menekan lagi hingga menutup game pertama 21-15.

"Kami mengambil poin demi poin hari ini. Ketika kami mengambil set pertama, kami mengatakan sisanya akan menyusul. Seperti yang saya katakan dari babak pertama, kami hanya ingin menang," kata Greysia, mengutip wawancara tim media Humas PBSI di Impact Arena usai pertandingan.

Game kedua, Apriyani memulainya dengan meminta pergantian shuttlecock baru. Dan Greysia/Apriyani langsung menggebrak keras. Dihujani smes-smes keras, tetapi lawan sangat alot dan terus dapat mengembalikan bola. Hanya kebanyakan bola lambung.

Tetapi memang placing Greysia/Apriyani lebih tajam dari lawan, di tengah reli keras, pertahanan lawan jebol juga. Langsung 5-0. Determinasi Greysia/Apriyani memang sangat terfokus, maka tanpa ampun pertahanan lawan dibuat kocar kacir. Sampai terlihat putus asa. Greysia/Apriyani menuntaskan game masuk jeda dengan skor 11-2.

Setelah jeda, Apriyani terlalu bersemangat dan servenya tersangkut. Greysia/Apriyani agak kehilangan fokus saat itu. Kesalahan-kesalahan yang harusnya tidak terjadi, yah terjadi. Terlihat kacau pertahanannya hingga 3 poin berturut turut diperoleh lawan.

Tapi Greysia/Apriyani dapat mengembalikan momentum dan segera kembali menghujani smes-smes keras dan jebol lagi pertahanan lawan. Poin pun melejit 17-5.

Agak terlena, dan lawan melihatnya. Lawan pun mengambil inisiatif menyerang saat itu. Smes-keras menghujani Greysia/Apriyani. Dan lawan berhasil 7 poin. Ini membuat deg-de an. Walau poin sudah 19-12.

Apriyani memang luar biasa. Apriyani mampu mengontrol serangan keras lawan. Saat unggul 20-12, saat lawan mengembalikan bola-bolanya tidak sempurna. Satu smes keras Greysia menghabisi perlawanan duet Jokolphan/ Rawinda. 21-12, dan sekaligus memastikan gelar juara berada dalam genggaman.

Tangis keduanya pun pecah. Inilah tangisan kegembiraan Greysia/Apriyani atas kemenangan pertama di turnamen pembuka setelah vakum akibat pandemi Covid-19.

"Akhirnya kami sampai di ujung dan memenangkan gelar. Selama seluruh pandemi, kami tidak pernah berhenti berlatih. Kami sangat menginginkan ini. Terima kasih Thailand untuk mengadakan turnamen ini," ujar Greysia.

“We’re speechless. Just speechless," tambah Apriyani.

Selamat yah Greysia, selamat yah Apriyani. Terima kasih, kalian membuat kami dapat tersenyum penuh haru. (jae)

Berita Berita Lainnya