Berita > Berita

Geliat Spanyol Majukan Bulutangkis

Senin, 18 September 2006 20:53:54
1283 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

Spanyol membuat sejarah baru. Bukan hanya untuk kali kedua menggelar Kejuaraan Dunia setelah di Sevilla 2001, mereka pun hadir dengan pemain terbesar. Dengan 15 pemain, Negeri Matador itu tampil lebih banyak dibanding Indonesia, yang hanya meloloskan 11 pemain.

Bagi tuan rumah Kejuaraan Dunia XV itu, olahraga bulutangkis sebenarnya bukanlah sesuatu yang asing kendati mereka baru memiliki Federacion Espanola de Badminton (Fesba) tahun 1984. Maklum, cabang tepok bulu justru pertama kali dipertandingkan di kancah Olimpiade ketika berlangsung di Barcelona 1992.

Bahkan, untuk mengembangkan cabang olahraga raket ini, Fesba mulai tahun 1989 mendatangkan pelatih Cina, Zhen Xiang, untuk mempersiapkan tim bulutangkis Spanyol ke Olimpiade Barcelona itu. Sayang, meskipun sudah memakai pelatih impor, perkembangan bulutangkis di Spanyol kurang meroket.

Salah satu bukti, Sergio Llopis, pemain yang tampil di Olimpiade Barcelona, hingga kini masih aktif. Pada perhelatan ini, Llopis akan berpasangan dengan Dolores Marco di ganda campuran. Untuk mendongkrak prestasi, Fesba medio tahun ini merekrut dua pemain muda Indonesia.

Mereka adalah Stenny Kusuma dan Hendry Winarto asal Surabaya. Kedua pemain ini pernah mengenyam Pelatnas Cipayung dan mengundurkan diri. Khusus Hendry, pemain kelahiran Surabaya, 3 Januari 1986 itu sebelum terbang ke Spanyol adalah pemenang Adu Smash di TPI, Mei lalu.

Untuk menggaungkan perhelatan dunia itu, Presiden Fesba, David Cabello Manrique, pun perlu melakukan promosi. Itu dilakukan ketika berlangsung Putaran Final Piala Thomas-Uber 2006 di Tokyo, Mei lalu.

Setelah tak diperkuat Llopis, Spanyol mengandalkan Pablo Abian, Carlos Longo, dan Nicolas Escartin Ara. Di babak pertama, Abian melawan Andrew Smith (Inggris), Longo menjajal Roman Spitko (Jerman), dan Escartin Ara ditantang Kestutis Navickas (Liyuania). Kalau lolos Escartin bakal bertemu pemenang antara Taufik Hidayat dan Ng Wei (Hong Kong).

Seperti apa geliat bulutangkis Spanyol sekarang ini? Semua bisa disimak dari Campeonato del Mundo de Badminton XV di Palacio de Deportes, Madrid, 18-24 September ini. (Broto Happy W.)


Pemain yang Tampil
Tunggal Putra:
Pablo Abian, Carlos Longo, Nicolas Escartin Ara
Tunggal Putri:
Lucia Tavera, Bing Xin Yu, Yoana Martinez
Ganda Putra:
Jose Antonio Crespo/Nicolas Escartin Ara, Jose Vicente Martinez/Alejandro Villar, Rafael Fernandez/Inigo Serrano.
Ganda Putri:
Patricia Perez/Silvia Riera
Ganda Campuran:
Inigo Serrano/Patricia Perez, Sergio Llopis/Dolores Marco

Sumber:bolanews.com

Berita Berita Lainnya