Berita > Berita

Kejuaraan Bulutangkis Jepang Terbuka
Chong Wei Tak Terbebani

Jumat, 13 Oktober 2006 14:14:09
817 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

Rupanya menjadi pemain nomor satu dunia tidak selalu mengenakkan. Tidak percaya? Lihat saja Lee Chong Wei. Pebulutangkis Malaysia itu sebelumnya menduduki peringkat wahid dunia. Ternyata ia malah terbebani.

Pengaruhnya? Dia justru tidak bisa mengembangkan permainan terbaik. Saat berlaga pada Kejuaraan Dunia XV di Madrid, Chong Wei dengan peringkatnya itu diunggulkan di posisi pertama. Namun, hasil akhir justru jeblok.

Permainan anak didik Li Mao itu tidak muncul. Dia justru seperti mendapat beban berat. Chong Wei pun kalah setelah ditewaskan Bao Chunlai (Cina) di perempatfinal.

“Permainan Lee Chong Wei tidak keluar. Dia stres karena mendapat tekanan sebagai unggulan pertama,” sebut pelatih kepala Malaysia, Misbun Sidek.

Menurut Misbun, anak didiknya itu pun tak ingin mengulang kesalahan sama saat tampil di Jepang Terbuka. Justru, Chong Wei ingin membayar kegagalan di Madrid tersebut. Juara Swiss, Malaysia Terbuka, dan Kejuaraan Asia 2006 itu mau menunjukkan masih bertaji.

“Penampilan dia kini jauh lebih baik. Kemenangan atas Sony Dwi Kuncoro di babak pertama menunjukkan dia lebih enak dan tidak terbebani. Sekarang dia dalam penampilan terbaik,” ujar Misbun.

Makin Terbuka

Komentar Misbun itu memang benar. Laga saat mengalah-kan Sony di babak kedua, 21-12, 21-18, menunjukkan bagaimana permainan Chong Wei sebenarnya. Dengan penampilan seperti itu, kans dia untuk menambah gelar makin terbuka.

Apalagi, di babak ketiga dia bertemu lawan empuk, Andrew Smith (Inggris). Baru di perempatfinal ia mungkin berjumpa pemenang partai antara Boonsak Ponsana (Thailand) lawan Takashi Kawauchi (Jepang) dan kompatriotnya, Roslin Hashim lawan Chen Yu (Cina).

Cuma, menapak ke podium juara tidaklah mudah bagi Chong Wei. Pemain berusia 24 tahun sesuai skenario mungkin harus bertemu Taufik Hidayat di semifinal. Di partai puncak, ia bakal berjumpa pemenang di antara Lin Dan, Chen Hong, Peter Gade (Denmark), atau rekannya sendiri, Mohd. Hafiz Hashim.

Kini dia sudah tidak lagi jadi pemain nomor satu dunia. Akankah Chong Wei mampu memanfaatkan kondisi bagus ini untuk jadi kampiun? (Broto Happy W.)

Sumber:bolanews.com

Berita Berita Lainnya