Berita > Berita

Kejuaraan Bulutangkis Jepang Terbuka
Pastikan Raih Satu Gelar

Minggu, 15 Oktober 2006 09:55:46
847 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

TOKYO - Paceklik gelar yang dialami Indonesia perlahan mulai terhapus. Ini diperoleh seiring kepastian direngkuhnya satu gelar juara dari Jepang Terbuka 2006. Gelar itu didapat punggawa Pelatnas Cipayung dari nomor ganda campuran yang menciptakan all Indonesian final.

Pasangan yang baru disandingkan Agustus lalu, Flandy Limpele/Vita Marisa, bakal menantang Nova Widianto/Lilyana Natsir di partai puncak. Kedua pasangan tersebut menaklukkan lawan-lawannya di semifinal yang berlangsung kemarin di National Gymnasium, Yoyogi, Jepang.

Flandy/Vita, yang berstatus nonunggulan, mengandaskan unggulan ketiga, Sudket Prapakamol/Saralee Thungthongkam (Thailand) dalam pertarungan tiga set 21-18, 16-21, 21-13. Sementara, Nova/Lilyana, yang menempati unggulan teratas, menghentikan perlawanan unggulan kelima, Xie Zhongbo/Zhang Yawen (Tiongkok) dua set langsung 21-17, 24-22.

Kabar positif juga datang dari andalan Indonesia di tunggal pria, Taufik Hidayat. Pemegang medali emas Olimpiade Athena 2004 ini menje-jakkan langkahnya di final. Di semifinal, Taufik, yang tak menyandang status unggulan, dengan mudah mengempaskan unggulan kedua Lee Chong Wei (Malaysia) dengan skor 21-17, 21-13.

Sebelum pertandingan, saya memperkirakan pertarungan akan berlang-sung ketat. Sebab, Lee adalah salah satu pebulutangkis teratas saat ini. Saya tak mengira akan mendapatkan kemenangan dengan keunggulan yang jauh, cetus Taufik usai pertandingan.

Dalam final yang berlangsung hari ini, Taufik menantang unggulan teratas asal Tiongkok, Lin Dan. Di babak empat besar, Lin Dan sukses menjung-kalkan unggulan ketiga Peter Gade (Denmark) 21-12, 21-14.

Taufik dan Lin Dan telah sebelumnya telah beberapa kali saling berha-dapan. Hasilnya, dari lima kali pertemuan, Taufik unggul 3-2. Namun terakhir kali keduanya bertemu di Hongkong Terbuka 2006 Juni lalu. Hasilnya, Taufik harus menelan kekalahan.

Saya harus mengakui keunggulannya dalam permpat final Hongkong Terbuka tahun ini. Saya berharap dapat menampilkan permainan seperti yang saya tunjukkan hari ini (kemarin) saat menghadapinya besok (hari ini), ungkap Taufik.

Di lain pihak, Lin Dan juga tak mau banyak sesumbar. Dia memperki-rakan akan terjadi pertarungan ketat di final nanti. Taufik adalah peraih emas olimpiade dan juara dunia tahun lalu. Saya hanya ingin menam-pilkan permainan yang bagus dan meraih kemenangan pada akhirnya, ujarnya.

Sementara itu, Tiongkok telah memastikan dua gelar di turnamen ini. Mereka mendominasi nomor tunggal wanita dan ganda wanita serta menciptakan all Tiongkok final di kedua nomor tersebut.

Di tunggal wanita, juara dunia Xie Xingfang yang menempati unggulan kedua akan menghadapi unggulan teratas Zhang Ning. Sementara, di ganda wanita, unggulan teratas, Gao Ling/Huang Sui, berhadapan dengan Wei Yili/Zhang Yawen. (ady/afp)

Sumber:indopos.co.id

Berita Berita Lainnya