Berita > Berita > Asian Games

Final Bulutangkis Ganda Putra Asian Games 2018 di Mata Hendra Setiawan

Senin, 27 Agustus 2018 22:05:30
2807 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Walau partai final bulutangkis ganda putra Asian Games 2018, hari ini (Senin, 27/8) baru menyelesaikan partai semifinal, namun Indonesia telah memastikan meraih medali emas. Pasalnya, partai final ganda putra Asian Games 2018 akan menggelar ''All Indonesian Final'' antara Kevin Sanjaya Sukamuljo/ Marcus Fernaldi Gideon dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Satu medali emas yang diraih dari nomor ganda putra ini memastikan ganda putra Indonesia berhasil menjaga tradisi emas pada pesta olahraga terbesar se-Asia ini dalam delapan tahun terakhir. Dalam dua perhelatan Asian Games sebelumnya pada tahun 2010 dan 2014, emas ganda putra juga dimiliki Indonesia.

Emas ganda putra di Asian Games Guangzhou 2010 diraih pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan usai mengalahkan pasangan peringkat satu dunia dari Malaysia, Koo Kien Keat/ Tan Boon Heong, yang merupakan peringkat satu dunia saat itu dengan skor 21-16, 24-26 dan 21-19.

Empat tahun kemudian, ganda putra Indonesia kembali mendapat emas lewat pasangan Hendra Setiawan/ Mohammad Ahsan. Di final Asian Games Incheon 2014, Hendra/Ahsan mengalahkan ganda tuan rumah Korea Selatan,

Lee Yong-dae/ Yoo Yeo-seong dengan skor 21-16, 16-21, dan 21-17.

Capaian ganda putra di Asian Games kali ini bahkan lebih fantastis karena terjadi partai All Indonesian Final.

Hal ini membuat Hendra/Ahsan yang merupakan juara bertahan sekaligus senior Kevin/Marcus dan Fajar/Rian menjadi bangga akan tersambungnya prestasi ini.

"Pastinya saya senang bisa terjadi all Indonesian final, paling tidak emas ganda putra masih milik Indonesia," kata Hendra seperti kami kutip di situs resmi PBSI Badmintonindonesia.org.

"Pasti bangga sama mereka, tentunya saya ikut senang juga ya dengan keberhasilan mereka. Saya ucapkan selamat kepada Kevin/Marcus dan Fajar/Rian karena sudah menciptakan all Indonesian final," sebut Ahsan.

"Saya juga senang karena ganda putra Indonesia sekarang ada penerusnya, semoga yang lain juga cepat menyusul," tambah Hendra.

Ketika ditanya soal prediksi pemenang medali emas besok, Hendra mengatakan kedua pasangan memiliki peluang yang sama kuat.

"Menurut saya peluangnya 50-50, apalagi sudah di final, semua bisa terjadi," ujar Hendra.

Babak final ganda putra bulutangkis perorangan Asian Games 2018 akan dilangsungkan hari Selasa (28/8), mulai pukul 12.00 WIB dan akan disiarkan langsung oleh stasiun TV Indosiar. (*)

Berita Asian Games Lainnya