Berita > Berita

Greysia Polii Kalahkan Rekor Susy Susanti Dan Butet

Senin, 02 Agustus 2021 15:55:01
172 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses menekuk ganda Tiongkok Chen Qing Chen/Jia Yi Fan di final Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, Senin (02/08). Keberhasilan ini mengantarkan pasangan Merah Putih ini mempersembahkan medali emas pertama dari ajang bergengsi empat tahunan ini.

Ada yang menarik dari torehan Greysia di Tokyo ini, dimana ia kini menjadi pemain Indonesia paling lengkap yang mengoleksi medali emas multievent.

Multievent ini, adalah SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade. Greysia menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang mendapatkan medali emas di tiga ragam cabang ini.

Medali emas SEA Games didapat pada 2019 bersama Apriyani, sedangkan emas Asian Games diraih bersama Nitya Krishinda Maheswari pada 2014.

Seniornya, Susy Susanti, yang meraih medali emas Olimpiade 1992 di Barcelona, sepanjang kariernya belum pernah menggapai medali emas Asian Games.

Namun, Susy mengoleksi 8 medali emas SEA Games, baik tunggal putri (3 gelar) maupun beregu putri (5 gelar).

Begitu juga dengan Liliyana Natsir yang merebut emas di Olimpiade 2016 bersama Tontowi Ahmad. Namun, dia juga tidak pernah merasakan emas Asian Games. Butet, sapaannya, hanya mampu menggapai perak pada 2014 bersama Nova Widianto.

Namun, Butet merebut lima emas di SEA Games, tiga emas dari nomor ganda campuran, dan sekali ganda putri, dan sekali beregu putri.

Greysia merebut emas PON 2008 bersama Natalia Christine Poluakan untuk Sulawesi Utara.

Dan akhirnya, emas Greysia/Apriyani ini menyempurnakan pencapaian Indonesia pada ajang Olimpiade yang selama ini hanya baru China yang menorehkannya. Indonesia kini menjadi negara kedua setelah China yang berhasil meraih medali emas dari lima nomor yang dipertandingkan. (*)

Berita Berita Lainnya