Berita > Berita

Ginting Kantongi Tiket Final Kejuaraan Asia

Minggu, 30 April 2023 06:41:27
455 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

  • Anthony Ginting

    ©Humas PP PBSI

  • Anthony Ginting

    ©Humas PP PBSI

Untuk pertama kalinya tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting berhasil melaju ke babak final Kejuaraan Badminton Asia (BAC). Sukses ini diraih setelah menaklukkan andalan Jepang Kanta Tsuneyama pada babak semifinal, Sabtu (29/4) sore waktu Dubai, Uni Emirat Arab.

Sukses Ginting menekuk Tsuneyama dua game langsung, 21-13 dan 21-16, ini sekaligus memperbaiki rekornya menjadi 3-3.

"Senang bisa ke final karena ini pertama kali di Kejuaraan Asia. Untuk final, saya mau fokus dulu menyiapkan pikiran, badan, dan semacamnya. Kita lihat besok di lapangan seperti apa," ujar Ginting mengutip rilis berita Tim Media dan Humas PP PBSI di Jakarta.

Main tanpa beban menjadi kunci kemenangan Ginting atas Tsuneyama, pasalnya mereka sudah saling mengetahui pola permainan masing-masing karena sudah sering bertemu di lapangan.

Pada pertemuan terakhir di Malaysia Open, Januari tahun ini, Ginting kalah dari tunggal putra peringkat ke-15 itu. Namun Ginting belajar dari kesalahan dan akhirnya mampu melewati Tsuneyama menuju partai final.

"Saya kalah di pertemuan terakhir, tapi kondisi di sini berbeda dan saya pastinya punya kesempatan lagi untuk menang. Tadi hanya coba bermain lebih tenang dan tidak banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri," tutur Ginting.

Sukses melewati babak semifinal tak lepas dari peran dan dukungan ofisial yang selalu siap sedia memberikan bantuan secara cepat.

Apalagi dengan jeda waktu istirahat yang sempit setelah memainkan partai terakhir pada Jumat (28/4), Ginting merasa sangat terbantu dengan bantuan dari ofisial yang diberikan secara maksimal.

Walau masih merasa kelelahan, tapi Ginting tidak mau menyerah begitu saja dan berusaha mengatasi setiap kendala yang dihadapi. Ia pun mengaku sangat bersyukur memiliki pelatih teknik dan fisik, tim medis, masseur, dan fisioterapis yang sigap setiap saat.

"Memang sangat singkat waktu recovery dari pertandingan kemarin, tapi saya mau mengucapkan terima kasih untuk tim ofisial dari PBSI yang sudah membantu saya semaksimal mungkin untuk memulihkan kondisi dari laga panjang di perempat final," ujarnya.

Selanjutnya di babak final Ginting akan bertemu dengan juara dunia 2021 Loh Kean Yew dari Singapura. Di pertandingan semifinal kemarin Loh Kean Yew menaklukkan andalan China, Lu Guang Zu dengan skor 21-19 dan 21-15. (*)

Berita Berita Lainnya