Berita > Berita

Indonesia Pastikan Satu Emas SEA Games 2023 Dari Bulutangkis Tunggal Putra

Selasa, 16 Mei 2023 09:14:03
353 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

  • Photo: ©Humas PP PBSI

  • Photo: ©Humas PP PBSI

  • Current
Satu medali emas SEA Games 2023 dipastikan menambahi koleksi medali Indonesia. Satu emas ini dipastikan dari Timnas bulutangkis lewat nomor tunggal putra yang menampilkan laga All Indonesia Final antara Chico Aura Dwi Wardoyo dan Christian Adinata di Phnom Penh, Kamboja.

"Semoga saya dan Christian bisa menampilkan yang terbaik. Siapa pun yang menang medali emasnya untuk Indonesia," kata Chico, mengutip rilis berita Humas PP PBSI.

Chico mengantong tiket final setelah sukses menaklukkan wakil Malaysia Lee Shun Yang lewat laga dua game langsung 21-15 dan 21-18.

Usai pertandingan, Chico mengaku bersyukur karena bisa memastikan tambahan satu medali emas dari nomor tunggal putra.

Sukses melewati babak empat besar tak lepas dari kemampuannya mengelola pikiran agar bisa bermain lebih tenang. Ia mengaku cukup grogi mengingat pentingnya pertandingan di SEA Games.

Namun ia berusaha memotivasi dirinya sehingga bisa keluar dari situasi menegangkan.

"Saya coba bermain dengan lebih tenang, tidak terburu-buru untuk menyerang atau mematikan lawan. Lawan pun banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri," ungkap pebulutangkis asal Jayapura, Papua itu.

Tak berbeda dengan Chico, Christian juga tak kalah senangnya karena bisa bersaing dengan rekan senegara pada babak final. Perasaan tersebut muncul karena awalnya ia tidak diproyeksikan untuk ikut bermain pada nomor perorangan.

"Puji Tuhan bisa ke final, tidak menyangka karena sebenarnya saya tidak main perorangan. Tapi karena mas Vito (Shesar Hiren Rhustavito) cedera, maka saya yang menggantikan," Christian menceritakan.

Christian yang tampil pada partai awal, memastikan lebih dulu melangkah ke babak final setelah mengalahkan unggulan ketiga Leong Jun Hao dengan skor 21-19 dan 21-12.


Christian tampil meyakinkan dan mampu mengemas kemenangan dalam pertandingan berdurasi 45 menit.

"Dari awal saya sudah memainkan pola yang benar. Tapi di poin-poin akhir gim pertama saya sempat terkejar dan itu membuat agak panik lalu terburu-buru," ujarnya.

Ia mencoba lebih tenang dan tak mengulangi kekeliruannya pada gim kedua. Christian bisa menerapkan pola permainan sesuai harapannya, yang mengantarnya pada pertemuan dengan Chico di babak final.

"Saya bisa coba lebih tenang lagi dan menerapkan pola permainan yang sama. Saya bisa konsisten sampai akhir," kata Christian.

Selain mengunci gelar tunggal putra, Indonesia juga memastikan satu medali emas dari nomor ganda putri yang juga menampilkan All Indonesia Final antara Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi melawan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari.

Selain itu, timnas bulutangkis Indonesia juga berpeluang menambah dua emas lewat ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/ Lisa Ayu Kusumawati dan ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.(*)

Berita Berita Lainnya