Berita > Berita

Menyusuri Tenants UMKM di FISIP UI Open 2024
Pesta Kreativitas Tanpa Batas

Minggu, 23 Juni 2024 07:03:47
205 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



FISIP UI Open 2024 kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan memberikan kesempatan bagi mereka untuk mendirikan tenants selama delapan hari penuh pertandingan berlangsung pada tanggal 19–26 Juni 2024.

Langkah ini tidak hanya untuk meramaikan acara, tetapi juga untuk memberikan wadah bagi UMKM untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan mereka. Dengan menyediakan tempat bagi UMKM untuk menampilkan produk mereka, FISIP UI Open tidak hanya membantu UMKM berkembang tetapi juga memberikan pengunjung pengalaman yang lebih beragam dan menarik.
Tahun ini, terdapat total 16 UMKM yang mendirikan tenants di FISIP UI Open 2024. Beberapa UMKM yang berpartisipasi termasuk Makaroni Gokiel, Dapur 77, Suki Kitchen, Jonjonbae, Nifda Kitchen, Kedai Ida, Asacs Canvas Bags, Ayamee, Afry, Laku Kopi, AMFM Raddyn, Wappeul Bungeoppang, Dapur Bu Fita, Dj Chicken, dan HOP-HOP. Kebanyakan dari tenants ini menjual berbagai variasi makanan dan minuman, mulai dari cemilan hingga makanan berat, dan dari makanan Indonesia hingga makanan khas dari berbagai penjuru dunia seperti makanan Korea. Tidak hanya makanan dan minuman, beberapa tenants juga menjual pakaian olahraga, parfum, aksesoris, hingga tas, yang menambah variasi dan daya tarik bagi para pengunjung.

Partisipasi UMKM dalam FISIP UI Open 2024 memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah peningkatan visibilitas, karena acara ini memberikan wadah besar bagi UMKM untuk memperkenalkan produk mereka kepada khalayak yang lebih luas. Selain itu, adanya pengunjung yang banyak selama 8 hari memberikan peluang bagi UMKM untuk meningkatkan penjualan mereka secara signifikan. Hal ini terlihat dari pendaftar yang mencapai lebih dari 1.000 peserta, ditambah dengan official, wasit, panitia, hingga penonton yang bisa mencapai angka 1.500 per harinya.

Lebih dari itu, acara ini juga menjadi ajang networking bagi UMKM, di mana mereka dapat menjalin hubungan dengan pelanggan baru, sesama UMKM, dan bahkan potensial investor atau mitra bisnis. Dukungan dari FISIP UI Open terhadap keberlangsungan UMKM terlihat dari beberapa UMKM yang menjadi langganan partisipan tenants di FISIP UI Open tiap tahunnya, seperti yang dituturkan oleh salah satu pengisi tenants, “Saya seneng, sih jadi ada kegiatan juga, liat orang rame. Udah ngisi disini juga dari tahun lalu, karena emang suka buka tenants kalo ada acara di UI, salah satunya UI Open ini.”

Keberadaan UMKM di FISIP UI Open 2024 juga memberikan dampak positif terhadap ekonomi lokal dan pengembangan komunitas. Dukungan terhadap produk lokal ini membantu meningkatkan kesadaran akan kreativitas dan inovasi lokal. Selain itu, pengunjung dapat menikmati berbagai produk unik yang tidak selalu ditemukan di pasar konvensional, memperkaya pengalaman mereka selama acara berlangsung.

UMKM yang berpartisipasi juga memberikan kontribusi nyata dalam memperkenalkan kekayaan kuliner dan produk kreatif Indonesia kepada khalayak yang lebih luas.

FISIP UI Open 2024 secara terbuka mengumumkan produk yang dijual pada masing-masing tenants dan membuat postingan interaktif di Instagram terkait UMKM yang mendirikan tenants di acara ini. Kegiatan ini termasuk bazaar, demo produk, dan sesi mencicipi yang menambah daya tarik dan interaksi antara UMKM dan pengunjung.

Dengan berbagai kegiatan menarik ini, pengunjung tidak hanya datang untuk menonton pertandingan badminton, tetapi juga untuk menikmati pengalaman kuliner dan belanja yang ditawarkan oleh UMKM. Dukungan FISIP UI Open terhadap UMKM merupakan langkah nyata dalam mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis kecil. Dengan wadah yang disediakan, UMKM dapat terus berkembang dan berkontribusi pada ekonomi lokal. FISIP UI Open berharap inisiatif ini dapat menjadi inspirasi bagi acara-acara lainnya untuk terus mendukung UMKM di Indonesia.

Hari ini (Sabtu, 22/06), FISIP UI Open 2024 juga hadir dengan memperkenalkan beberapa kategori yang baru dipertandingkan hari ini, termasuk kategori ganda dan taruna. Pertandingan di kategori ganda menampilkan aksi-aksi yang dinamis dan penuh strategi, sementara kategori taruna memberikan panggung bagi atlet muda untuk bersinar dan meraih prestasi.

Tensi permainan yang disuguhkan juga semakin intens, mengingat semakin berkurangnya pemain yang telah gugur di hari pertama hingga ketiga. Hal ini tidak hanya menambah semarak kompetisi tetapi juga memberikan kesempatan bagi lebih banyak atlet untuk menunjukkan bakat mereka. Sorak sorai penonton menambah semangat para pemain, menjadikan hari ini sebagai salah satu momen paling berkesan dalam FISIP UI Open 2024. (Nazifa Amanda)

Berita Berita Lainnya