Berita > Berita

Awal Mudah Indonesia di Nomor Beregu WJC 2017

Jumat, 29 September 2017 09:08:10
4929 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

  • Juniarto Suhandinata & Justian Suhandinata

  • Alex Tirta

Tim beregu campuran Indonesia mendapat grup relatif ringan di Kejuaraan Dunia Junior (WJC) yang akan berlangsung pada 9-14 Oktober 2017 di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Peluang untuk melangkah ke babak selanjutnya pun terbuka lebar.

Acara pengundian fase grup menandai dimulainya WJC 2017 nomor beregu campuran. Drawing dilaksanakan di Jakarta pada hari ini, Kamis (28/09).

Total 45 negara akan berpartisipasi dalam kejuaraan ini, yang terbagi ke dalam delapan grup. Setiap grup terdiri dari dua subgrup, kecuali Grup D, E, dan G.

Kejuaraan yang sudah berlangsung sejak tahun 2000 ini menggunakan format setengah kompetisi. Pertama-tama, tiap tim akan saling berhadapan dengan lawan masing-masing di subgrup.

Juara subgrup dari grup yang sama kemudian akan dipertemukan untuk memperebutkan satu tiket ke babak perempat final. Sementara itu, khusus untuk tim terbaik di Grup D, E, dan G akan lolos otomatis ke delapan besar.

Grup G menyandang status sebagai grup neraka karena bergabungnya negara-negara kuat, yakni China Taipei, China, Hongkong, dan Denmark. Keempat negara tersebut bersama dengan Aljazair akan saling sikut untuk meraih satu tiket ke delapan besar.

Di sisi lain, tuan rumah Indonesia mendapat grup yang relatif mudah. Unggulan kedua di turnamen ini tergabung di Subgrup H1 bersama Mongolia dan Brazil. Jika berhasil menyingkirkan kedua lawannya tersebut, Indonesia akan bertemu juara Subgrup H2 yang diperebutkan oleh Finlandia, Spanyol, dan El Salvador.

Hasil undian ini disambut positif oleh Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Indonesia (PP PBSI). Target juara pun dicanangkan kepada skuat muda Indonesia.

''Kami tidak mau menyepelekan lawan. Kami anggap ini (babak penyisihan) sebagai pemanasan,'' kata Wakil Ketua PP PBSI, Alex Tirta, kepada awak media.

''Dari awal kami memang sudah persiapkan menuju WJC, jadi target juara akan kami lakukan. Siapa pun lawan yang dihadapi, kami akan persiapkan dengan maksimal,'' tambah Alex.

Sepanjang sejarah penyelenggaran turnamen beregu campuran WJC, Indonesia belum pernah sekalipun keluar sebagai juara. Hasil terbaik yang pernah diraih hanyalah runner-up pada tahun 2013-2015. Padahal, piala yang diperebutkan dalam kejuaraan ini memakai nama Suhandinata, seorang tokoh penting bulutangkis Indonesia. Oleh karena itu, status sebagai tuan rumah pada tahun ini jadi momentum terbaik untuk bisa pecah telur.

''Semoga status tuan rumah bisa memberikan energi positif bagi pemain muda kita dan mampu meraih gelar juara di WJC 2017,'' ungkap Ketua Panitia WJC, sekaligus Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto.

Selain nomor beregu campuran, hajatan WJC tahun ini juga akan mempertandingkan nomor individual yang akan berlangsung pada 16-22 Oktober. Total 486 peserta dari 64 negara sudah terdaftar untuk ikut berpartisipasi. (jan)

Inilah Draw Lengkap Babak Penyisihan Nomor Beregu Campuran WJC 2017:

Grup A :
Subgrup A1 :
- Korea
- Sri Lanka
- Kanada
Subgrup A2 :
- Rusia
- Jerman
- Nepal

Grup B :
Subgrup B1 :
- Prancis
- Bulgaria
- Skotlandia
Subgrup B2 :
- Singapura
- Afrika Selatan
- Ghana

Grup C :
Subgrup C1 :
- Malaysia
- Selandia Baru
- Armenia
Subgrup C2 :
- Polandia
- Mesir
- Norwegia

Group D :
- India
- Swedia
- Australia
- Hungaria
- Amerika Serikat

Grup E :
- Jepang
- Inggris
- Makau
- Latvia
- Georgia

Grup F :
Subgrup F1 :
- Thailand
- Belanda
- Filipina
Subgrup F2 :
- Ceko
- Slovakia
- Belgia

Grup G :
- China Taipei
- China
- Denmark
- Aljazair
- Hongkong

Grup H :
Subgrup H1 :
- Indonesia
- Mongolia
- Brazil
Subgrup H2 :
- Finlandia
- Spanyol
- El Salvador

Berita Berita Lainnya